March 29, 2011

Mengatasi Sound Problem Ubuntu 10.10 Netbook Edition

Sebenarnya ini adalah postingan yang terinspirasi dari kejadian yang telah saya alami. Seminggu yang lalu, saya menginstall Ubuntu 10.10 Netbook Edition pada Netbook Asus Eee PC 1015 PEM. Sebelumnya, netbook ini telah terinstall windows 7, sehingga untuk menginstall ubuntu saya harus menggunakan wubi.

Caranya mudah kug, tinggal jalanin aplikasi wubi di windows kemudian menunggu sebentar untuk instalasinya. Nah, setelah terinstall Ubuntu 10.10 Netbook Edition di netbook mungil ini, saya sangat mengagumi penampilan Ubuntu versi netbook ini, sangat elegan dan minimalis, sangat jauh berbeda dengan versi desktop.

Beberapa aplikasi telah saya coba untuk menjalankannya, seperti Mozilla Firefox, Rhythmbox Music Player, Empathy Internet Messaging, ataupun aplikasi yang lainnya. Kemudian saya menemukan kejanggalan saat memutar sebuah lagu, ternyata sound saya tidak bunyi, padahal semua dalam keadaan baik dan normal. Saya juga mencoba membuka sebuah film, hasilnya pun nihil.

Akhirnya saya googling sana sini dan ketemu solusinya. Langkah-langkahnya:

  1. Buka terminal
  2. Ketikkan $ sudo gedit /etc/modprobe.d/alsa-base.conf
  3. Pada baris paling akhir tambahkan 2 kode berikut:
    alias snd-card-0 snd-hda-intel
    options snd-hda-intel model=auto
  4. Simpan dan restart ubuntu Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas akhirnya sound saya dapat kembali bekerja dengan baik. Oh iya, saya seorang newbie loh yang ingin belajar linux.

Catatan: pastikan Anda telah menginstall driver ALSA terbaru, dan codec telah terinstall dengan baik.

2 comments: