March 31, 2011

Linux, Siapa Takut...

Setelah hampir 10 tahun bersama Windows, kini saya memutuskan migrasi ke Linux menggunakan Ubuntu 10.10 (Maverick Merkat). Awalnya, saya mengenal linux ini dari seorang kawan yang biasa saya panggil "Mas Ghofur". Saat itu, saya hanya seorang alumni yang berjalan-jalan ke Lab. TIK, tempat di mana Mas Ghofur mengabdi dan juga tempat di mana dulu saya menimba ilmu saat SMA. Di komputer yang ada di Lab. TIK tersebut saya melihat sebuah tampilan aneh yang tidak sama dengan tampilan windows. Menu yang ada pun sangat aneh. Sayangnya, saya bukan termasuk orang yang dapat jatuh cinta pada pandangan pertama. Saya masih cuek dan membanggakan produk buatan Bill Gate.


Beberapa tahun kemudian saya telah menjadi guru TIK di salah satu SMA Negeri Surabaya. Di sini saya mengabdikan diri untuk mengajarkan ilmu dan membantu menciptakan karakter kepada anak didik. Selama menjalani profesi ini, saya mendapatkan pengalaman yang tidak ada di bangku kuliah. Saya belajar otodidak, kemudian menularkan informasi tersebut kepada para siswa.


Suatu ketika virus komputer menyebar dan siswa menjadi panik (ketakutan histeris). Mereka semua datang menemui saya dan meminta untuk melakukan scanning pada flashdisk mereka. Hingga akhirnya tiba masa kejenuhan, di mana saya harus punya solusi agar para siswa tidak diperbudak oleh Windows. Solusinya adalah mengunakan Linux.

Sayangnya, saya tidak mempunyai installer Linux sehingga saya meminta tolong kepada Andhika untuk menginstall Linux di Netbook saya. Linux yang dipakai adalah Ubuntu 10.10 Desktop Edition. Seiring berjalannya waktu, saya mulai tertarik dan ingin memasukkan Linux ini dalam pelajaran TIK semester berikutnya. Amin..

Oh iya, alasan kenapa saya ingin menggunakan linux adalah:
  1. Bebas Virus, artinya virus tidak akan bisa menyebar.
  2. Gratis, tidak dipungut sepeser pun.
  3. Bebas pemeriksaan badan terkait. Dijamin OSnya Genuine.
  4. Open source, artinya Perintah-perintah program atau bahasa pemrograman disediakan secara gratis berikut dengan kode-kode dari bahasa pemrograman yang digunakan, bebas digunakan oleh siapa saja dan boleh dimodifikasi sesuka hati.
Go Linux Go... Go Linux Go...

Saat ini saya telah menggunakan Ubuntu 10.10 Netbook Edition. Ya, OS yang dikhususkan untuk Netbook. Anda dapat mengunduhnya di sini.

1 comment:

  1. Wuaaaaaaaaaaaaaahhhh.!!!

    Informasi yang sangat bermanfaat nih...
    Tolong dilanjutkan artikel2 lain mengenai Ubuntu ya gan. Sangat menarik.

    Go Linux Go... Go Linux Go... Yo ayo ayo.!!!

    ReplyDelete