May 3, 2011

Unity Bermasalah Saat Menginstall Ubuntu 11.04

Saat ini telah dirilis Ubuntu versi terbaru, yakni Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Tampilan desktop dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal ini menggunakan unity. Tampilan unity ini membuat Ubuntu 11.04 Natty Narwhal semakin ciamik dan elegan.

Teknologi unity telah diterapkan pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Beberapa titik yang mengindikasikan teknologi unity ini adalah launcher, dash, dan indikator sistem dan aplikasi. Launcher pada ubuntu versi sebelumnya hanya terdapat pada area desktop, namun pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal ini launcher mengalami perubahan besar.

Launcher pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal terletak pada bagian paling kiri memanjang dari atas ke bawah. Selain itu, juga terdapat dash yang dapat dipanggil sewaktu-waktu dan dapat digunakan untuk melakukan pencarian cepat aplikasi.

Sayangnya, ketika saya telah berhasil menginstall Ubuntu 11.04 Natty Narwhal di PC, PC saya mengalami beberapa masalah, teknologi unity yang mestinya muncul saat melakukan booting di ubuntu tidak berjalan dengan optimal. Selain itu, juga terdapat peringatan yang tampil di layar yang isinya: driver hardware yang digunakan tidak ada. Sehingga, tampilan ubuntu menjadi seperti ubuntu classic tanpa the launcher dan dash.

Peringatan tersebut merupakan pesan pemberitahuan yang biasa muncul jika kita menggunakan hardware tambahan seperti VGA, dll. Pada kasus ini, saya mengalami permasalahan pada hardware VGA.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita harus menginstall driver tambahan seperti nvidia, buka System>Administration>Additional Drivers. Kemudian aktifkan restricted drivernya, selanjutnya lakukan restart.

Nah, setelah melakukan restart, Ubuntu 11.04 Natty Narwhal akan tampil semestinya dengan the launcher di sebelah kiri dan dash di pojok kiri atas.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment