April 14, 2011

Install modem aha di Ubuntu 10.10

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana menyetting modem aha sehingga dapat digunakan dalam Operasi Sistem Ubuntu 10.10. Konfigurasinya pun gampang gampang susah asal telaten dan utun pasti bisa. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama, kita harus pastikan modem tersebut telah dibaca oleh Ubuntu. Untuk memastikannya kita harus membuka terminal terlebih dahulu. Selanjutnya ketikkan lsusb. Sehingga tampak sebagai berikut:

anas@anas-1015PEM:~$ lsusb
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 12d1:140c Huawei Technologies Co., Ltd.
Bus 002 Device 003: ID 2166:6649
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 004: ID 13d3:5702 IMC Networks
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub


Dari hasil perintah di atas. Jelas terlihat modem aha telah terdeteksi dengan ciri 12d1:140c Huawei Technologies Co., Ltd.


Kedua, kita harus membuat profile koneksi terlebih dahulu.. Caranya ketikkan perintah berikut:

$ sudo gedit /etc/wvdial.conf

Selanjutnya, copy perintah di bawah ini ke dalam text editor yang barusan muncul.

[Dialer Defaults]
Init = ATZ
Init = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 921600
Modem = /dev/ttyUSB0
Phone = #777
Username = aha@aha.co.id
Password = aha
New PPPD = yes
Stupid Mode = 1


Simpan dan keluar.


Ketiga, untuk melakukan koneksi gunakan perintah ini:

$ sudo wvdial

Jika nomor DNS address muncul, berarti modem Anda telah siap digunakan. Untuk memutuskan koneksi silahkan tekan Ctrl+C.

Selamat mencoba!

NB: pastikan telah terinstal wvdial terlebih dahulu. Jika belum, gunakan perintah $ sudo apt-get install wvdial

6 comments:

  1. saya pake modem sierra 881, langsung kedetek di ubuntu 10.10. Tinggal masukin Username, password, APN, Dial Number, langsung konek. Gak pake ribet! :)

    ReplyDelete
  2. saya dari dulu bingung dengan parameter baud karena saat saya gunakan dengan cdma yang belum evdo baud nya saya kasih 230400. Tapi saat saya mngunakan modem venus vt-80n yang support evdo AHA tetap saja saya kasih 230400. Namun yang terjadi di ubuntu 10.04 ku malah jalan nay kaya' keong. Buka satu halaman saja bisa sampai 2 jam. Apa pengaruh parameter baud dalam modem yang support evdo ???
    Maaf mas banyak nanya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  3. Wahh..

    kalo aku sich pake modem flexi yaitu IVIO3G hehee..

    ReplyDelete
  4. q pke huwaei jdi g begitu rumit :)

    slam kenal, mhon dukungan n klik recomend pada blogq :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata ribet juga ya, mesti pake perintah gitu :D
    Saya sih gak pake Ubuntu, masih setia dengan windows :D

    ReplyDelete
  6. @Tongkonanku: wah, ini yang tanpa menggunakan wvdial ya alias menggunakan mobile broadband?? :D saya juga udah menyobanya kug..
    @Sugeng: ternyata memang ada pengaruhnya pak.. dari sumber ini: https://wiki.archlinux.org/index.php/USB_3G_Modem#Baud_parameter disebutkan bahwa baud sangat meningkatkan kecepatan koneksi.
    @aciid: siip
    @zippy: coba pakai linux mas, pasti ketagihan..!!

    ReplyDelete